Film-Film Terbaik 2009

Cukup banyak film-film yang menjanjikan, dan kelihatannya bakal mengasyikkan untuk ditonton pada 2009 ini. Memang tidak pasti bagus, tapi saya bisa berekspektasi lebih setelah melihat trailer-trailernya. Apalagi, cukup banyak sutradara-sutradara favorit saya yang kembali menorehkan karyanya. Istimewa. Skala 1-5 bintang ini menunjukkan seberapa ingin saya menontonnya.

Public Enemies
publicenemies4sm Saya jelas akan mencatat jadwal premiere film ini di Jakarta nanti. Betapa tidak, dua aktor favorit saya, Johnny Depp dan Christian Bale akan dilawankan dalam film arahan Michael Mann (Miami Vice, Collateral, Ali, The Insider, Heat) si rajanya action-thriller. Film ini docomot dari novel laris Public Enemies: America’s Greatest Crime, jadi paling tidak punya plot dan struktur alur terjamin. Ceritanya, Bale akan menjadi agen FBI, sementara Depp memerankan bad guys-nya, si perampok bank. Arggghhh…. Keren keren keren.
*****
Star Trek
star_trek_03_1024Jujur, saya cuma nonton Star Trek era Captain Picard saja. Data si android, bukan Mr Spock :P. Kali ini, sutradara J.J Abrams (Lost, Mission: Impossible III) memutuskan membuat prekuel, mengambil cerita bagaimana crew Starfleet Academy pertama bertemu. Penulisnya, Roberto Orci dan Alex Kurtzman adalah seorang Trekkies. Trailernya saya lihat ukup menjanjikan, dan disyut pula dalam format IMAX. Yeah, USS Enterprise siap melaju dalam mode warp lagi!
***

Confession of a Shopaholic
This is definately not my cup of cofee. Tapi, yah, lumayan jadi pilihan saat ingin mengajak seorang cewek nonton. Mereka pasti suka. Haha. Dan rasanya tidak ada ruginya bagi cowok mengetahui bagaimana kegilaan para wanita dengan belanja. haha.
*

The Watchmen
watchmenKonon, dewanya komik ini terlalu gelap untuk dijadikan film. Sebab, ceritanya bak menyatukan air dan minyak. Yakni sebuah film superhero yang geral, dipenuhi berbagai intrik dan konspirasi politik.
Sutradara yang berani memegang risiko sedemikian besar ini adalah Zack Snyder (300, Dawn of the Dead). Melihat perkembangan Zack yang begitu pesat, saya yakin dia tidak akan mengecewakan fans fanatik The Watchmen. You go Zack!
****

Slumdog Millionaire
Saya tak perlu tahu trailernya, tak perlu tahu ceritanya, selama itu disutradarai Danny Boyle, pasti saya tonton. Begitu dirilis, Slumdog sudah mendapat ulasan sangat positif dan disebut sebagai kandidat film terbaik beberapa festival besar. “Our feel-good movie of the year” sebut seorang kritikus.
*****

Ice Age 3
Tingkah laku kocak mahluk-mahluk zaman es yang disuarakan Ray Romano dkk ini tetap menggoda. Toh, Madagascar saja bisa jauh lebih baik di seri keduanya. Kenapa Ice Age tidak?
**

Grand Turino
Ah, tak ada alasan kiranya untuk tidak berharap lebih terhadap torehan karya dari sang master, Clint Eastwood. Termasuk, ketika Eastwood memutuskan mengambil fokus pada cerita sehari-hari, yakni tentang seorang veteran perang versus geng remaja lokal. Saatnya belajar dari yang terbaik.
****

Up
up-pixar-render1 Siap-siap tertawa sepanjang bioskop, karena ini film terbaru Pixar Animation Studios.
Sutradaranya, Pete Docter, adalah otak kreatif dibalik Monster Inc., film Pixar yang menurut saya paling lucu dan segar. Ceritanya soa… ah sudah-sudah, I don’t want to spoil the fun. Yang jelas, film ini wajib tonton di bioskop!
*****

Valkyrie
Adolf Hitler adalah ancaman bagi dunia dan harus dihabisi. Dan ini adalah cerita tentang konspirasi plot penghianatan sekaligus tim khusus yang harus menghabisi sang diktator. Dibintangi Tom Cruise dan disutradarai oleh Brian Singer (X-Men, X2). Promosinya digeber cukup kencang. Semoga saja Singer tak mengecewakan kita seperti pada Superman Returns.
***

Night at the Museum 2: Battle of the Smithsonian
Didesain untuk menghasilkan tawa secara intens, akting Ben Stiller membuat Night at The Museum sebagai film yang konstan fun. Penonton setuju, mengantar film bergenre adventure comedy ini meraih penghasilan USD500 juta. Wow. Jadi, tak ada alasan bagi studio 20th Century Fox untuk membuat sekuelnya. Dengan koridor sama, gimmick berbeda. Masih melibatkan museum, tengkorak T-Rex, Stiller (tentu saja), dan yang baru, hewan-hewan air.
**

2012
Jika ingin tahu bagaimana dampak Global Warming pada kota New York, tontonlah The Day After Tomorrow. Dan sekarang, masternya film bencana berkandungan blockbuster, Roland Emmerich, melabuhkan karya terbarunya. Trailer 2012 terlihat mengerikan, seorang biksu dipuncak gunung menyaksikan tsunami melahap gunung secara masif. Whoa. Kalau ternyata bagus, saya akan memaafkan Emmerich akan kegagalannya dalam 10,000 BC.
***

X-Men Origins: Wolverine
wolverineDi komik aslinya, Wolverine digembarkan sebagai sosok antihero yang sadis dan brutal. Entah, apakah sutradara Gavin Hood (Tsotsi) bakal menurut pada nuansa itu di film tetang asal mula si Logan ini. Kalau hasilnya seperti X-Men, ehm, saya bakal kecewa. Kita nantikan saja bagaiman duel kuku pancanaka adamantium dengan keganasan sang nemesis, Sabretooth. yeah.
****

Race To Witch Mountain
Meski sutradara Andy Fickman (She’s The Man) melabeli film ini sebagai “a very cool dark thriller”, tetap saja, Race To Witch Mountain berlabelkan Disney. Jadi lupakan ekspektasi macam-macam. Selain dibintangi Dwayne “The Rock” Johnson, film ini juga menampilkan si cantik AnnaSophia Robb. Yeah, saya sudah menduga dia akan mendapat peran besar setelah Bridge to Terabithia.
**

G-Force
Saya mengibaratkan produser Jerry Bruckheimer sebagai Rick Rubin, karena semua yang disentuhnya bakal laris dan sukses. Nicolas Cage, Bill Nighy, dan Penélope Cruz mengisi suara dalam film animasi yang ceritanya membuat tersenym. “The film revolves around a team of trained secret agent guinea pigs that take on a mission for the US government to stop an evil billionaire, who plans to destroy the world with household appliances,”. Bruckheimer akan mengarahkan apprentice-nya, sutradara debutan Hoyt Yeatman.
***

Terminator: Salvation
terminatorMcG, yang dikenal memiliki formula untuk mengantar sebuah film mendaki cepat di box office, hati-hati benar saat diminta menyutradarai instalasi kelima Terminator buatan James Cameron ini. Ia mengambil pendekatan beda. Dalam film berkadar blockbuster tinggi ini, McG berhasil meyakinkan aktor Christian Bale. Kepada Bale, ia menjanjikan Terminator: Salvation sebagai film yang character driven, bukan special effect oriented. Maklum, Bale dikenal sangat perfeksionis, kerap meragukan, bahkan tak jarang mempertanyakan logika sebuah skenario. Dengan Bale sebagai John Connor, jelas menguprade terminator ke level berikutnya.
****

Transformer 2 : revenge of the fallen.
Sejak menyutradarai The Island, saya semakin menaruh harapan besar terhadap Michael Bay. Ia tak hanya keren mendeliver action berbalut cinta seperti Armageddon dan Pearl Harbour, tapi juga mampu gila-gilaan dalam Transformer yang kental spesial efek. Seru, intens, cepat, fun, mengejutkan, dan jelasnya mampu mewujudkan imajinasi fans terhadap duel Autobots dan Decepticons. Film kedua, kita harapkan duel lebih eksplosif serta kehadiran robot-robot organik yang semakin cool.
*****

Avatar
Di serial Entourage, saya ingat bagaimana Eric memarahi Vince saat tahu James Cameron menyutradarai Aquaman, sementara Vince malah menolak membintangi film tersebut. “Are you crazy? James Cameron belum tentu bikin film 10 tahun sekali tau!” komentar Eric.
Oke, saya ingatkan lagi, Cameron adalah kreator The Abyss, film yang menginspirasi ilmuwan untuk membuat kapal selam mini bawah laut. Oya, dia cuma sutradara Titanic, itu tuh, film terlaris sepanjang masa itu. Alien? ooh, itu cuma film yang mendefinisikan kembali bagaimana film sci-fi dibuat pada zamannya. Dan Terminator? ah sudahlah.
Tapi dengar kata Cameron soal Avatar, “ini seperti Magnum Opus saya”. Soal detil film berbasis 3-D itu, Cameron berujar “We’re creating an entire world, a complete ecosystem of phantasmagorical plants and creatures, and a native people with a rich culture and language”. Masih meragukan Avatar dan Cameron?
*****

Tentang iklan-iklan ini
By Dan Posted in Film

19 comments on “Film-Film Terbaik 2009

  1. hmmm…gue mau nonton Public Enemies, Star Trek, Confession of a Shopaholic (semoga bagus kaya devils wear prada yang dari chicklit juga), Ice Age 3, 2012, X-Men Origin (yang maen tetep hugh jackman kan??) sama transformer 2…

  2. semoga aja masuk bioskop di Malang, soalnya hampir selama tahun 2008 kemaren film barat (hollywood) yang masuk ke Malang bisa diitung dengan jari (dalam 6 bulan terakhir aja cuma 2 film yang masuk (007: Quantum of Solace ama Superhero Movies).

  3. dahsyat ulasane
    ini sebenarnya yang membuat ulik harus hujan air mata saat kau tinggalkan. “Ah, kau emang kejam dan,” kata ulik beberapa tahun lalu.

  4. Up kemungkinan bulan depan. Kalau nggak salah Transformer Revenge of The Fallen duluan keluar di minggu terakhir bulan ini.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s