Mengapa Membeli iPod touch?

Sebelum mengginstal game di iPod touch 2nd gen saya, Kiki, seller di Forum Jual Beli (FJB) Kaskus berseloroh, “cuma 8 GB? Wah, bakal kerasa kurang lho bro,”. Pikir saya, 8 GB itu bisa diisi 1,750 ribu lagu, masa ya kurang. Rencananya, saya akan membagi kontennya dengan 2 GB lagu, 2 GB video, dan 4 GB sisanya game.

Tapi, begitu dia mengopi 10 GB game ke dalam HDD saya yang sebagian besar isinya porn videos, saya hanya bengong. Buset, ternyata game di iPod touch ukurannya lumayan masif. Bisa mencapai 100-150 MB per game. Dan dengan 10 GB, ada ratusan game yang menunggu untuk dimainkan. whoa.

Yang terjadi kemudian, kapasitas 8 GB itu terasa sangat kecil untuk memainkan semua game yang dikopikan Kiki. Betapa tidak, hampir 80 persen game iPod touch sangat interaktif, intuitif, dan adiktif sekali.

Mulai action adventure seperti Assasins’s Creed, Avatar, Hero of Sparta, hingga MGS Touch, model shooting macam N.O.V.A dan Brothers in Arms, sampai favorit saya balapan macam Need For Speed Shift, Asphalt 5, FerrariGT, atau Fast&Furious. Bahkan game-game sederhana seperti CookingDash, Guitar Rock2, Fieldrunners, sampai Tiki Towers membuat betah dimainkan selama berjam-jam.

Saya kemudian jadi ingat bagaimana Apple menyebut iPod touch ini sebagai pocket computer karena fungsinya yang meluas. Apa saja sih? Oke kita cermati satu persatu.

Memutar musik
Ini fitrah atau core purpose iPod diciptakan kali pertama. Multi-Touch interface membuat mencari lagu lewat Cover Flow terasa sangat keren. Tapi, tentu saja jika Anda termasuk rajin mengupdate koleksi lagu-lagu MP3 dengan kovernya.

Kita selalu bisa membeli lagu lewat Wi-Fi di iTunes. Hanya, mungkin jarang orang Indonesia yang memanfaatkan ini. Ada juga fitur Genius Playlists, dimana iPod akan merangkum trek yang memiliki kemiripan, untuk kemudian membuat playlist sendiri. Hmm.. saya lebih suka memainkan playlist yang telah disusun sendiri di iTunes.
Untuk versi 32 GB dan 64 GB sudah ada fitur Voice Control yang semula jadi andalan iPod Shuffle dan earphone dengan remote dan mic. Sekali lagi, fitur keren yang tak terlalu berguna buat saya.

Melihat Video/TV Show
Saya termasuk hobi mendownload klip video, video tutorial, trailer, maupun short movie di YouTube. Hasilnya saya lihat di waktu senggang di iPod nano 3rd gen saya. Sekarang, aktivitas itu jadi lebih termanjakan di iPod touch yang memiliki display 3.5 inci yang sangat tajam dan vivid. Menonton film penuh di iPod Touch pun tak masalah, hanya gunakan headphone yang kedap dan oke agar lebih nikmat. Tak perlu Bose yang jutaan, saya sendiri menggunakan Seinheiser seharga Rp275 ribu yang sudah cukup lumayan.

Pocket Computer
Well, sebenarnya fungsi ini sudah saya dapat di BlackBerry 8310 saya. Menulis blog, membalas email, melihat foto, atau browsing di web. Tapi, apa salahnya melakukan itu di kafe dengan koneksi Wi-Fi dengan iPod touch? Safari membuat browsing lebih nyaman. Termasuk untuk aplikasi Facebook dan social networking lainnya.

Gaming dan Aplikasi
Seperti yang sudah disebut diatas, fasilitas ini yang paling saya favoritkan. Bahkan untuk sementara saya memfungsikan iPod touch untuk mesin game penuh, sementara saya mendengarkan lagu lewat iPod nano lama yang rencananya akan dijual.

Ada beberapa keunggulan game di iPod touch dengan portable game player seperti Nintendo DS atau PlayStation Portable (PSP).

Pertama, soal grafis, mungkin iPod touch tak mengungguli PSP. Tapi, sudah sangat memuaskan. Rendering 3D beberapa game saya lihat sangat detail dan tajam sekali.

Kedua, gameplaynya akan susah disaingi PSP yang membosankan. Jujur, sebentar saja saya memegang PSP, rasa bosan sudah melanda. Tapi, fitur multi touch dan accelerometer di iPod touch benar-benar membuat adiktif. Misalnya memfungsikan iPod jadi setir di game racing, atau menembak dengan sentuhan di Metar Gear Solid Touch. Multitouch membuat seolah-olah kita berinteraksi secara nyata dengan game itu.

Ketiga, Wi-Fi membuat koneksi untuk bermain multiplayer memungkinkan. Komunitas iPod touch di Kaskus bahkan rutin bertemu untuk saling adu dan mengopi game. Canggih!
Keempat, Apple App Store memuat download game jadi mudah dan fun. Dengan koneksi Wi-Fi kita bisa mengunduh langsung game ke iPod kita. Baik bayar ataupun gratis. Menyenangkan sekali.

Kelima, aplikasi-aplikasi di iPod touch sangat beragam dan unik. Sudah cukup banyak pula yang buatan lokal.

Mengapa membeli iPod touch daripada iPhone? Selain lebih murah dan punya fungsi sama, problemnya cuma 1, ketahanan baterai. Game sangat rakus energi. Menggeber iPod touch dengan game-game berat, membuat batere cepat tandas.
Belum lagi saat digeber fungsi multitask dengan mendengar musik atau melakukan aktifitas menelpon, konek internet, dll. Jadi, lebih wise jika kita memisahkan fungsi-fungsinya. Intinya, BlackBerry untuk bekerja dan iPod touch untuk bermain adalah kombinasi perfect.

Tentang iklan-iklan ini

100 comments on “Mengapa Membeli iPod touch?

  1. hahaha. aku kepikiran beli iPod touch sejak pegang iPod ente pak di Pasific Place acara indosat waktu itu. huehue. ternyata emang ngga rugi. bahkan kalo ngga bawa pas kerja gelisahnya udah kaya ketinggalan henpon. ;p

  2. Berdasarkan fungsi utamanya,tidak mungkin bisa mengalahkan kehandalan Sony PSP untuk bermain game,Dan.

  3. numpang tanya untuk memperjelas aja, jadi wifi yang ada di ipod touch bisa untuk internetan yang terpenting yahoomail, yahoo messenger, google, u tube, n facebook??
    tolong dijawab yah,,,thanks alot.

  4. @ Killbill benar bos, iPod Touch memang tidak dikhususkan untuk gaming. ada perbedaan siginifikan antara pengguna ipod touch dan PSP. Pengguna ipod touch bukanlah gamer. Survey membuktikan, mereka hanya bermain game sekitar 3-4 menitan saja.

    kalau dari analisa saya, ini karena bentuk game dari iPod touch sendiri yang kebanyakan memang simpel, variatif, intuitif, sehingga membuatnya adiktif. :) terus terang saya merasakannya sendiri, ingin memainkan berulang2 game yang sangat sederhana.

    saya blom dapat info soal PSP jadi smartphone, tapi yang saya tahu masa depan ipod touch ini sangat luar biasa. sekarang sedang dikembangkan teknologi bagaimana ipod touch dapat dijadikan sebagai stick bermain game seperti nintendo wii. jadi bayangkan kita memegang ipod touch sebagai stir, sementara mata melihat ke monitor komputer. saat ini masih banyak kemungkinan2 lain yang bisa dibenamkan dalam teknologi ipod touch.

    nah, ini yang membedakan mengapa Apple bisa lebih unggul lewat app storenya (miliaran download) dibanding yang lain. Karena para developer sangat antusias mengembangkan applikasi/game lewat SDK Apple. Ini yang sangat sulit disaingi oleh Android Market, Samsung App Store, serta app store-app store milik Microsoft dan lainnya.

    @ Didi : jawabannya bisa. Dengan wifi, ipod touch sama juga seperti laptop yang dapat digunakan untuk koneksi internet. bIsa untuk mendownload game di Appstore, membuka email di Yahoo atau Gmail, berselancar di google, membuka facebook, atau bahkan melihat youtube. semoga membantu.

    • ada rencana beli ipod. sebenernya pengen no-apple, tapi berhubung bini minta hehehe….
      gw sendiri sedikit tertarik karena simple design, dan bisa wifi.
      nice artikel. thanks.

      • jd kalo mau browsing internet musti wifi??? berarti kalo daerahnya belum dapat sinyal wifi berarti sia2 dong punya ipod…. jd ipod tuh gak punya simcard yang bisa digunain kya modem untuk internetan???? mention ke @surantoboy yah bos

  5. permisi numpang tanya..klo mw beli ipod touch yg resmi dmn ya?? oia,,jd 8GB it msh kurang ckup ya bwt ipod..?? umm..klo yg 16GB gmn?? Thanks..

  6. permisi numpang tanya..klo mw beli ipod touch yg resmi dmn ya?? oia,,jd 8GB it msh kurang ckup ya bwt ipod..?? umm..klo yg 16GB gmn?? Thanks.. :)

  7. double post gan :D

    semuanya tergantung dari cara penggunaan iPod gan. Jadi cukup ga cukup itu relatif. 8 GB kalo diisi lagu doang didengerin sebulan juga ga bakal abis.

    kalo iPod touch gue isinya kombinasi. Video, lagu, dan game. dan gue termasuk aktif ngedonlot game.

    sekarang video satunya isinya antara 20 MB-100 MB lah. Kaliin 40 video, misalnya, udah 4 GB.

    lagu? biasanya playlist gue sekitar 3GB-4GBan sekali isi.

    Nah, yang paling gede ya game. Mulai dari 10 MB, 100 MB, 1 GB juga ada.

    Karena iPod gue cuma 8GB, mau ga mau ya selektif. Isi lagu yang pengen didengerin aja, isi game yang pengen di mainin aja. Alhasil, gue juga jadi sering isi ulang ke laptop. Kira2 gitu. Intinya sesuai dengan kebutuhan aja. Buat apa punya iPod touch 32 GB kalo yang kita isi ga sampe 10 GB, misalnya.

    Beli iPod touch resmi di Jakarta? well, authorized seller Apple yang ada di Jakarta rata-rata resmi kok. Mereka juga kasih garansi. Nama-namanya bisa dicari disini http://id.mac.wikia.com/wiki/Apple_Resellers. sisanya Google sendiri ya. Di tiap mal juga ada :D oke semoga membantu.

  8. @Ivan : Kalau mau bisa nelpon dan SMS, tinggal beli iPhone 3GS atau iPhone 4 om. Apple udah membagi sedemikian rupa produk mereka buat tiap segmen dan kebutuhan.

    @Varenheitz : Biasanya kalau untuk game seperti Asphalt dan Ferrari GT dengan kebutuhan grafis tinggi dan gameplay menarik, biasanya bisa idunduh dulu secara gratis (trial), tapi untuk full versinya harus bayar. begitu kira-kira bos.

    kalau mau gratisan, tapi saya tidak menyarankan yah, jalan keluarnya adalah jailbreak. lebih lengkapnya cari di Kaskus.us aja. thanks.

    • Malu dong klu nge jailbreak cuma buat dapat aplikasi gratisan, masa mampu beli ipod touch seharga 3 jutaan tpi beli game yg harganya tdk sampai 9rbu malah keberatan… hahaha, apa kata dunia. Ipod yg masih perawan, tdk di jailbreak, lebih enak dipake ketimbang yang sudah tdk perawan

  9. Ya kurang lebih demikian gan. Gue dulu juga pernah pake Ngage dan maenin game bootleg juga. Kalau jailbreak banyak banget yang nawarin jasanya di Kaskus, sejauh ini aman-aman aja kok. Kalo udah gamenya bisa di donlot di iPhonecake.com. Satu lagi ane lupa. gratis.

    • Mending langsung ke orang yang udah biasa jailbreak gan. Coba buka Kaskus.com, dan search “Jasa Jailbreak” ato “iPod jailbreak”. banyak banget yang nawarin. harganya variatif. kadang malah dikasi bonus game2nya (asal bawah HDD eksternal sendiri). harga nego sendiri aja. Prosedurnya sih biasanya ketemuan di tempat yang ada Wi-Finya. Semoga membantu yah.

  10. Jailbreak ada virusnya gk , trus klo pke antivirus jailbreak nyx di blok gk ? n’ 1 lgi klu langsung download game di iphone cake langsung bisa dimainin gk , atau di jailbreak dlu ?

  11. Duh om ngebantu bgt pas baca artikel ini,, bru kpgn bgt beli ipod touch,cuma bingung masalah koneksinya apalagi klo g ada wifi… Selain pke mi-fi pke apa lagi om? Pke modem biasa g bisa ya??keluar uang lagi dong.. *pelajar

  12. hehehe modem biasa ngga bisa Wihda. Ya, intinya sih kalau iPod touch fungsinya lebih berat ke multimedia daripada internet. Kayak main game, video, atau motret. Nanti kalau pas nemu sinyal Wifi gratisan, baru bisa konek. :D
    Jadi iPod touch sebagai 2nd device, yang mendampingi device utama. Biasanya sih gitu. device utama (smartphone) untuk yang dipake buat berinternet, twitter, facebook, dll.

    • Klu cuma masalh wifi, tdk usah sampai ngesot sana sini cuma buat dapatin wifi, cukup beli tablet android model cina (800rbuan sudah banyak) atau yg merek lokal, advan contohnya, kita sudah bisa berbagi wifi, dengan syarat androidnya di root dulu. Tapi klu tdk mau repot nge root, beli vandroid saja, harganya cuma 1 jutaan, trus aktifkan tether (fitur untuk berbagi wifi) nya… saran saya, gunakan paket android sebulan XL, misalnya menawarkan 25rbu per bulan, agar sebulan bisa internetan via ipod touch plus sudah punya android, dimana saja dan kapan saja

  13. mau minta saran mas, saya punya blackberry torch dan ipod 4gen, tapi berminat beli tablet macam samsung GT. Ipod touch fungsinya hampir sama dengan tablet hanya beda size aja, lebih baik saya tetap menyimpan ipod touch saya dan membeli SGT atau lebih baik menggunakan ipod saja ketimbang membeli tablet?
    makasi mas :)

    • Halo Mia, mendingan iPod 4 Gennya buat saya saja xixixixi.

      Saya pernah merasakan posisi Mia. Pernah punya iPod touch, juga menggunakan tablet. Lalu, mana yang cocok untuk saya? jawabannya tentu ada pada Mia sendiri. Karena cara konsumsi konten di tablet ataupun iPod touch sangat berbeda antara satu orang dan lainnya. Begitu juga dengan Android dan Apple, masing-masing memiliki plus dan minusnya sendiri. Jadi, tergantung saja lebih cocok menggunakan yang mana? atau malah mau dua-duanya?

      Contohnya saya sekarang yang tiap hari commuter dengan KRL Jakarta-Bogor, maka saya merasa lebih praktis memiliki iPod touch. Karena tujuan saya adalah membunuh waktu dengan bermain game atau mendengarkan musik, misalnya. Apple memiliki jauh lebih banyak game yang menarik dan adiktif dibanding Android. Begitu juga dengan ukurannya yang kecil, lebih nyaman dimainkan dalam kondisi kereta penuh dibandingkan tablet.

      Tapi, akan berbeda kondisinya dengan orang lain yang mungkin setiap hari menggunakan transportasi mobil dan sering nongkrong di kafe. Mungkin ia lebih cocok menggunakan tablet, karena lebih nyaman untuk browsing, dll dll.

      Intinya, saran saya coba kamu lihat dan petakan dulu aktifitasmu seperti apa. Lantas, coba kamu lihat-lihat tablet yang ada saat ini, kalau perlu pinjam punya teman atau saudara selama 1-2 hari. Simpulkan, apakah tablet adalah alat yang cocok untuk mendukung gaya hidup dan aktifitasmu.

      Karena mengambil keputusan seperti ini tidak hanya bisa dengan melihat spek dan browsing saja, tapi harus “hands on, memegang langsung dan merasakan alatnya. Kira-kira seperti itu. semoga membantu.

  14. mas saya mau nanya donk ipod touch 4 gen bisa di pake buat buka format pdf, word, ppt and office yang lain ga sih?
    thanks atas penerangannya :D

    • iPod touch menggunakan sistem operasi yang sama dengan iOS. Tentu saja PDF, word, PPT, Excel dan aplikasi office lain bisa dibuka disana. Bahkan pilihan aplikasi untuk membuka atau mengeditnya juga banyak sekali. :)

    • Sering ngehang? Cek dulu, apa memorinya tdk full atau bahkan hampir full.. klu sudah, hpus beberapa file yg ydk penting biar bisa membuat ipod lebih lega bernafas. Tapi klu mau solusi cepat, ipod nya di reset saja (jangan lupa backup data dulu) lalu klu pake ipod touch, jangan lupa iOS nya di update ke iOS terbaru, iOS 5.1… semoga membantu

  15. Mas .nanya donk. Saya baru punya ipod touch . Kalau mau ambil lagu. Bisa d copy paste. Dari laptop ga? Atau cuma bisa d dowload saja.? Mini wifi tu biasa nya berapa.. ♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧? Tolong. D jawab ♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧ mas. º°˚˚°º♏:)ª:)K:)ª:)§:)Ǐ:)♓º°˚˚°º ÿªąº°˚˚°º☺.

  16. Mas .nanya donk. Saya baru punya ipod touch . Kalau mau ambil lagu. Bisa d copy paste. Dari laptop ga? Atau cuma bisa d dowload saja.? Mini wifi tu biasa nya berapa.. ♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧? Tolong. D jawab ♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧ mas. º°˚˚°º♏:)ª:)K:)ª:)§:)Ǐ:)♓º°˚˚°º ÿªąº°˚˚°º☺.

    • Download dulu iTunes di Apple.com untuk windows. Setelah itu colokin iPodnya ke laptop. Drag n drop lagu dari laptop ke itunes, dan ke iPod touch. simpel.

  17. Izin menyimak aja. Ga punya Ipod soalnya, tapi pengen punya yg touch :D Trims postingannya gan…

  18. Mas, mau tanya..
    Ipod itu bs terkena virus juga ga??
    Baik virus yg berasal dr download ataupun dr laptop ketika share..
    Satu lagi, sesama Ipod, kalau mau share menggunakan media apa biasanya?? Bluetooth atau ada alat lainnya.
    Thanks..

  19. Memang banyak diberitakan (oleh vendor antivirus) bahwa semakin banyak malware, virus, dan lainnya yang mulai ditemukan di OS mobile. Tapi ngga usah khawatir, untuk kirim mengirim file atau data dari laptop (windows) ke ponsel dengan iOS umumnya sangat aman.
    Transfer sesama iPod? bluetooth akan lama sekali. Paling cepat ya harus ada media laptopnya. Lantas menggunakan Wi-Fi atau USB.

  20. wah.. kebantu banget setelah baca postingan mas
    .jadi makin yakin beli ipod touch 4g, cz selain emg saya seorang gamer maniac haha.. juga enak di pake main kalo di angkot karna simple plus tipisny :D

  21. kalo soal cameranya gmna ya ? sy pernah liat ipod tmen yg ada editing fotony setelah memotret. kira” di ipod touch ada ga y ? app apa kira” ? :D

  22. Very interesting tale http://knowyourmeme.com/users/innocentxl kiddy lolitas nn pics Two little honeys get naughty on bed together before stud walks in with his hard dick and their focus changes .. stud destroys these babes as he ravages them prior to shoving his thick meat in blondes little pussy .. grabbing at his bitches hair as he urges them into action .. his cock filling blonde brunette gets jealous and pulls blonde of his hard cock so as to take a ride herself .. both girls superhorny now as they go wild for his prick .. stud hammers away at brunette as blonde waits to taste her pussyjuice off his meat .. hot brunette licks at his balls as he lines up blonde again .. girls really straining at the constant pummelling of their pusssies and assholes moan uncontrollably .. the girls falling over themselves to get on his cock .. stud invades both girls asses in tandem lining them up for his pleasure .. pretty girls celebrate his visit by sharing a Snow Ball

  23. Recorded Delivery http://www.zoji.com/1230676 lolitas underage porn videos A friend of mine is doing life for being fooled by one of these people, he thought he was with a woman, when he found out he was not, he freaked and killed him. I don’t call them women or men, I call them confused

  24. I am really impressed with your writing skills and also with the layout on your
    blog. Is this a paid theme or did you modify it yourself?
    Anyway keep up the nice quality writing, it’s rare to see a nice blog like this one nowadays.

  25. No matter if some one searches for his essential thing, so he/she wants to
    be available that in detail, thus that thing is maintained over here.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s