Samsung Galaxy Tab Review

Menggenggam komputer tablet seperti iPad memang keren. Tapi, apa ya cuma karena “keren” saja kita harus merogoh kocek hingga lebih dari Rp5 jutaan? Rasanya tidak. Tapi, mengapa juga tablet merekat bak sebuah lem yang membuat penggunanya hanya meninggalkan “mainan” itu ketika tidur atau sedang mandi?

Gara-gara iPod touch yang sudah di jailbreak, saya ketagihan mengunduh game-game bootleg di situs seperti iPhonecake, dan buru-buru menginstal serta memainkannya. Dari 15 game yang saya instal, paling cuma dua yang saya mainkan. Ternyata, lebih asik “berburu” game dan mendownload daripada memainkannya.

Namun, kegemaran itu seolah terenggut ketika game-game terbaru ternyata tidak bisa dimainkan di iPod touch 2nd gen saya lantaran keterbatasan hardware. Bodoh, iPod itu saya jual dan berharap bisa beli iPad, padahal bujet jauh dari cukup.

Keinginan beli tablet waktu itu hanya untuk membaca majalah PDF saya yang jumlahnya ratusan, ukurannya mencapai beberapa gig. Pucuk dicinta ulam tiba. Saya memang tidak dapat iPad. Tapi, saya memenangkan lomba writing competition Samsung Galaxy Tab. Hadiahnya, ya 1 unit SGT.

Sebagai Apple fanboy, saya “dipaksa” belajar soal Android lewat SGT. Sekilas, keduanya serupa tapi tak sama. Tapi… ups, saya tidak akan berbicara soal beda Apple dan Android lebih jauh. Karena ini soal tablet.

Oke, yang saya rasakan setelah lebih dari 1 bulan memegang SGT adalah, tablet ini memagnifikasi semua fungsi yang dimiliki oleh smartphone. Begitu cintanya, seperti yang saya katakana diatas, praktis saya berpisah dengan SGT hanya saat mandi dan tidur. Bahkan SGT menemani saya pup.

Apa saja sih yang saya lakukan dengan SGT ini?


Pertama, jelas, memindahkan koleksi majalah PDF saya. Dari majalah gadget, musik, film, sepeda, fotografi, just name it. Saya bisa membacanya di kamar mandi, saat menunggu, di mobil, dll. Cara menggunakannya mudah. Sentuh 2x di tengah untuk zoom in, pinch to zoom agar font nyaman dimata, dan tap 2x di pinggir untuk pindah halaman.

Kedua, menonton film. Layar 7 inci kekecilan? Bullshit. Menurut saya sudah pas. 7 inci membuat film tampil wide. Lalu, tidak mencolok di keramaian. Setiap hari saya menonton film di KRL Bogor-Jakarta dengan earphone. Pengalamannya luar biasa tuh. Justru, saya tidak akan pede mengeluarkan iPad di kereta. Apalagi saat ramai. Kegedean.

Tidak seperti iPad, movie player SGT juga mampu membuka file .mkv, .avi, bahkan .flv. Saya tinggal men drag & drop film-film .mkv 720p/1080p saya. Gambarnya tajaaaam. HD gituloh :D.

Meski, saya akui kelemahan SGT layarnya berubah jadi cermin dibawah matahari. Dan SGT saya sempat hang karena saya paksa buka file .flv. Well, Apple “memaksa” file movie dikonvert jadi MPEG karena 1 alasan : lebih stabil. Hehehe.

Lanjut. SGT supernyaman digunakan untuk browsing internet. Tetap terasa jembar. Ada beberapa aplikasi launcher untuk situs berita yang nyaman seperti Koran atau Indonesia News. Tentu, saya menfaatkan juga buat Facebook, Twitter, Foursquare, chatt di YM!, mengakses aplikasi lokal seperti BuUuk dan Toresto, hingga membaga mailing list yang nyaman banget (saya ikut ID-Android, ID-Mac, dan berbagai milis lain). Dengan dukungan Adobe Flash, kita jadi lebih nyaman untuk membuka YouTube ataupun situs berbasis flash lainnya.

Untuk bermain game, saya akui game di Android Market, terutama untuk SGT, masih sangat terbatas. Bandingkan ketika saya sampai bingung memainkan game di iPod touch saya. Tapi, positifnya, less is more berlaku. Karena gamenya dikit, setiap game dinikmati memainkannya. Justru rasanya lebih lezat.

Dan, ada kok game-game gratisan yang keren seperti Need For Speed, Pocket Legends (bikin ketagihan!), Poker, Angry Birds, Gun Bros, Skies of Glory dan lainnya yang bagus. Pocket Legends, adalah MMORPG, dimainkan online beramai-ramai. Di rumah saya mainkan game ini dengan Wi-Fi lewat MacBook Pro saya. Sedap.

Untuk sehari-hari, saya berlangganan internet Tri yang murah banget. Kalo tidak salah saya cuma bayar Rp50 ribu-Rp70 ribu dan sudah dapat kuota lebih dari 500 MB. Meski, di daerah tertentu jangan harap bisa dapat sinyal. Hehehe.

Karena saya tidak punya kamera (kasian banget), maka kamera di SGT berguna banget untuk memotret dan mengabadikan video Langit, anak saya selama 3 minggu terakhir sejak ia lahir. Fotonya bisa saya uplot lewat Picplz dan Flickr. Videonya, saya edit di iMovie di MBP dan akan di uplod di YouTube dan Facebook (gila eksis banget :D).

Yang bikin saya makin cinta dengan SGT adalah bagaimana ia bisa membuka dan mengedit file Ms Word lewat aplikasi ThinkFree Office. Dahsyat! Saya bisa membaca file Word semudah membaca file PDF (ini sulit ditandingi iPad). Setelah tau file Wordnya bisa di edit, saya malah kepikiran untuk beli kibor dock yang harganya Rp600 ribuan di Kaskus. Tapi, masih pikir-pikir dulu, se-mobile apakah saya hingga harus mengetik di SGT? Toh, dirumah ada MBP dan Desktop PC Lenovo di kantor juga nyaman.

Cara koneksi SGT juga keren. Begitu USB di colok, saya bisa pindahin data berukuran besar (film, musik) dari komputer kantor ke MBP di rumah. Ini, yang mungkin ngga akan kepikir buat saya untuk melakukannya dengan iPad. Ribet. Habis pindahin game/app di iTunes rumah, colok di iTunes kantor harus ke replace semuanya.

Terakhir yang ngga ketinggalan adalah Google Map. Ketika beberapa teman kantor ingin berkunjung ke rumah saya di Bogor untuk melihat Langit, saya tidak perlu menelpon dan menunjukkan jalan.

Saya tinggal buka Google Map di SGT, dan meng-add akun Latitude teman saya yang sedang berada di mobil. Jadi dia tinggal mengatur rute di posisi saya berada. Hasilnya, cukup akurat. Posisi saya di peta hanya berjeda di dua rumah tetangga.

Masih banyak lagi sebenarnya fitur SGT yang bisa di eksplor. Saya sudah overwhelming mengonsumsi fitur-figur SGT, bahkan tanpa melakukan root. Nggak ngerti juga apa dengan di root akan signifikan manfaatnya dibanding apa yang saya ceritakan di atas. Hahaha.

Anyway, intinya saya sangat puas dengan tablet dan Android, meski punya beberapa kekurangan. Tablet, bagi saya adalah hal luar biasa untuk menikmati dan mengonsumsi konten (content consumption). Bahkan, kalau mau membuat konten pun bisa dilakukan (content production).

Kalau saya di atas agak menjelek-jelekan iPad, hanya bicara jujur. Saya sudah menggunakan produk Apple jauh sebelum Steve Jobs mengenalkan iPhone.

About these ads

82 comments on “Samsung Galaxy Tab Review

  1. Pertama-tama, salam kenal dulu.
    Menarik sekali baca review SGT-nya. Tulisan mas ciamik banget (honest !).
    Saya sedang timbang2 mau beli SGT dan perlu beberapa informasi.
    Mohon berkenan sharing-nya bagaimana cara loading organizer saya (contact, schedule) dari Outlook di PC ke SGT? Begitu juga men-sync-nya sewaktu-waktu. Bisakan menggunakan kabel USB? (saya lebih yakin dengan kabel dibandingkan via bluetooth, mungkin kurang pengalaman juga ‘kali, hehe…).
    Terus ber-enjoy ria dengan SGT-nya and keep on writing.
    Salam

  2. Salam kenal mas Djoni.

    Terima kasih sudah mampir ke blog saya ya. Saya coba membantu sebisanya. Kalau saya ngga ngerti, saya bilang ngga ngerti, jangan sampai sok tahu dan memberi info yang menyesatkan :D

    untuk Outlook, harap maklum mas, saya nggak pernah pake. Tapi gini, untuk contact dan calendar yang memang sangat penting, saya menggunakan solusi lain : Google Mail.

    Semua kontak saya di MacBook sudah saya backup di Google Mail. Jadi, ketika saya membuka akun Google Mail di Galaxy Tab, secara otomatis semua kontak saya di Google Mail terbackup otomatis di Galaxy Tab. Caranya gimana, saya lupa, karena semuanya serba otomatis kok. Tidak sadar tiba2 seluruh kontak saya sudah ada di Galaxy Tab. hehehe.

    Kemudian, untuk mengatur jadwal, sepekan terakhir ini saya menggunakan Google Calendar. Caranya gimana? kebetulan email utama saya menggunakan Gmail. Jadi saya tinggal copy paste saja jadwal/acara yang dikirim melalui email ke Google Calendar.

    Nah, untuk mensingkronkan Google Calendar ke Calendar di Galaxy Tab, saya pake aplikasi namanya iCal Import dan Export yang bisa diunduh gratis di Market. Sekarang saya hepi berat.

    Cara ini hampir sama ketika saya mensinkronkan iCal di MacBook Pro dengan kalender yang ada di iPod touch saya dulu. Bedanya, kali ini lebih mudah.

    Yang penting adalah suka main di Android Market. Banyak aplikasi disana yang hebat-hebat, tapi gratis. Kita tinggal donlot saja, dan pilih mana yang sesuai. Seperti aplikasi untuk mengatur keuangan, saya download beberapa, lalu dicoba, di ulik-ulik, sampe ketemu yang pas. Yang tidak kepake tinggal di hapus. Semoga membantu. Monggo kalau mau mereply lagi.

  3. Salam kenal ^^
    Hari ini saya browsing2 soal Galaxy Tab karena tertarik membeli tapi masih mencari plus dan minusnya … kebetulan lihat review anda dan mampir kemari :) ( reviewnya sangat “mengompori” untuk beli :P )

    Sekedar croos-check saja kabarnya SGT ini tidak bisa sambung wi-fi apakah benar begitu?
    Dan untuk baterai hanya bisa tahan 6 jam, apakah hal ini mengganggu saat dipakai untuk aktifitas?
    Mohon sharingnya untuk kelemahan yang lain (kalau ada)
    Thank U b4

  4. Halo Debz,
    hehehe. SGT saya bisa digunakan dengan WiFi lancar abis. Seperti yang saya ceritakan, di rumah saya pake MacBook Pro sebagai Wi-Fi router, sekali tersambung, akan konek terus secara otomatis. Koneksi Wifi ini saya manfaatkan untuk mendownload game atau aplikasi di Market, atau bermain game online seperti Pocket Legends yang membutuhkan koneksi lebih stabil.

    Soal baterai, di ID-Android cukup banyak yang menggunakan Gtab sebagai ponsel utama dan mereka bilang oke-oke aja tuh. Kalau saya, Gtab fungsinya memang untuk ponsel cadangan (karena punya saya paket Lite tanpa bluetooth). Jadi lebih untuk mengonsumsi multimedia.

    Baterai ini selalu jadi pertanyaan. Tapi gini, intinya sih, kalau ngga banyak dipake, Gtab ini baterainya ngga bakal kurang. Tapi, kalau di abuse dengan film, multimedia, gaming, dan ngambil data dari internet secara terus-menerus akan cepat drain out. Ini juga berlaku untuk iPad juga. 4000 mAH di Gtab sih sebenarnya sudah cukup lah.

    Kelemahan yang saya rasakan, Android tidak se-stabil iOS ya. Jadi memang ada kalanya aplikasi ngehang atau error. Tapi, masih di toleransi lah. Masing-masing punya plus minus. Lalu, aplikasi dan game untuk tablet di Android tidak sebanyak iPad, meski kalau kita ubek2 Market mau aplikasi kayak gimana juga pasti nemu. Itu saja. Semoga membantu ya.

  5. Salam kenal ya, mas..
    saya jadi bener2 tertarik untuk beli Gtab nih gara2 baca reviewnya..
    soalnya masih awam bgt sama Gtab…
    jadi rencananya kalo saya beli Gtab tu pengennya sekalian gantiin peran laptop saya..
    abisnya capek bawa laptop terus ke kantor.. (secara komputer kantor dkasi yg berkonde…hiksss..)
    jadii yg pgn saya tanyakan..Gtab ini bisa dibuat microsoft office ga yah?
    words, excel, power point gt…
    sama ada aksesoris untuk mendukung agar bisa membuka flashdisk ga yah?
    matur nuwun atas jawabannya… :)

  6. Halo Tika, thanks udah mampir ya, saya coba jawab.

    Memang banyak teman yang tertarik soal tablet ini karena ukurannya yang lebih kecil dari netbook, walau harganya di tipe tertentu bisa lebih mahal.

    Tapi begini, sebagai segmen baru, tablet ini berada diantara smartphone dan laptop. jadi, sebenarnya tablet tidak menggantikan fungsi keduanya. Menjawab pertanyaan Tika, maka tablet tidak bisa dijadikan sebagai pengganti netbook.

    mengapa? karena secara fungsional tablet ibarat versi besar smartphone. Fitrahnya bukan untuk content production, melainkan lebih ke content consumption. misalnya browsing web, melihat film, bermain game, mengakses twitter dan Facebook, agenda, ataupun mengakses berbagai aplikasi lainnya.

    Apakah ada tablet bisa membuka words, excel, power point? jawabnya bisa dengan aplikasi berbayar Document To Go. Tapi, menurut saya aplikasi ini hanya digunakan untuk membuka file, mereply, atau merevisi saja saat kita sedang berada di jalan. Untuk mengetik file berlembar-lembar akan sangat capek. Apalagi meyortir angka-angka di Excel rasanya sangat sulit dan tidak praktis. disinilah netbook dan kibor fisiknya tidak tergantikan.

    Apakah Gtab bisa membaca USB? sayang sekali tidak.

    Mungkin yang bisa saya sarankan adalah Tika mencari netbook yang ringan dan tipis. Dan menurut saya laptop yang sesuai dengan keinginan tika mungkin MacBook Air. Ringan, tipis, bisa baca USB, keyboard 100% sama dengan laptop, dan bisa melakukan fungsi content production. Cuma harganya memang lebih mahal.

    semoga membantu

  7. Betul bos, Samsung Series 9 memang sedikit lebih tipis dari MBA dan speknya juga lebih baik. Tapi yang MBA 11 inci itu harganya dibawah Rp9 jutaan, jauh lebih murah dari Samsung. Dan, sekali lagi untuk Apple dan Windows ini soal selera. Lebih suka menggunakan yang mana.

    salam

  8. Mau tanya mas,u. app excel gmn ya cara edit yg berlainan tab,krn saya tidak tau cara pindah kelain tab tsb?trims ya

  9. Brow tolong pencerahannya, apakah gps di samsung galaxy tab 10.1 bisa ngeliat traffic seluruh kota, kalo ya gimana caranya? Karena punya ku hanya bisa ngeliat traffic Jabodetabek, perlu buat lihat kemacetan selama mudik nih..ato ada aplikasi di marketnya?. Thanks b4.

    • GPS terbaik untuk Android yang gratis sejauh ini adalah Google Maps. Google Maps memang menyediakan Layer seperti Traffic, tapi sayangnya untuk Indonesia masih belum bisa digunakan. Paling mungkin ya mengikuti akun @tmcpoldametro, @pulkam, atau @macetlagi, dll yang menyediakan informasi seputar jalan raya dan mudik. semoga membantu

  10. salam kenal ya mas :)
    mau tnya klo buat wartawan, SGT ini cocok apa tdk ya ? soalnya baru nyoba dunia wartawan,saya sering ditgaskn k.luar kota..klo bawa laptop capek.
    SGT ini bisa dibuat untuk mngedit file microsoft office ga yah?
    mohon pncerahanx mas. thx :)

    • Halo Umma,
      sayangnya untuk jurnalis, menurut saya handset yang paling cocok ya BlackBerry.
      Pertama karena ukurannya yang ringkas. Kedua, aplikasi notepad di BB sangat pas untuk digunakan menulis. Cepat buat nge-blok dan mengkopi kalimat. Atau menshare via BBM, dll.
      Ketiga, lewat dukungan email, cepat juga untuk mengirimkannya ke redaktur. Bahkan, kalau tidak ada email masih bisa juga dikirim lewat BBM.
      Keempat, harganya lebih terjangkau. Gemini sekarang sudah dikisaran Rp2 jutaan.

      Sampai saat ini BlackBerry masih jadi handset yang paling difavoritkan jurnalis, karena alasan diatas.

      Galaxy Tab jelas sangat bisa dan mumpuni untuk mengedit file Microsoft Office lewat Word-To-Go atau Quickoffice. Tapi, kurang nyaman. Memang bisa menggunakan Galaxy Tab untuk mengetik. Tapi, saya tidak bisa mengetik cepat. Pertama karena jarak antara jempol terlalu lebar dan layar sentuh yang membuat sering salah pencet.

      Dulu juga sempat kepikiran untuk membeli keyboard eksternal untuk Gtab saya yang seharga Rp600 ribuan di Kaskus. Tapi, tidak jadi karena sekali lagi saya berpikir BlackBerry masih yang terbaik untuk mengetik (memproses huruf).

      Kesulitan lain yang saya rasakan saat mengetik di Word-to-go pada Galaxy Tab adalah untuk mengeblok kalimat/kata yang agak ribet, kedua tangan cepat capek karena ukuran yang besar dan berat, juga kurang asyik menggunakan kibor sentuh buat ngetik.

      Galaxy Tab lebih berfungsi untuk mengonsumsi konten multimedia (bermain game, nonton video, browsing internet, dll).

      semoga membantu,

  11. Halo.. Udh 3 hari ini jd pengguna SGT wifi… 7″

    Awalnya niat hati pengen beli yang SGT 1 yang sekaligus bisa lgsg brwsing tanpa harus tergantung sama sinyal wifi.. Tp bulan puasa kmarin ternyata suami kecolongan bb nya di trans jakarta, so budget beli SGT di alihkan dl.. Awalnya dy amau ganti bb lagi, tp setelah di perkenalkan sama keluarga samsung galaxy akhirnya dy beli galaxy ace.

    Karena ternyata ace udh bisa jd modem wifi buat tab 7″ wifi jdny menurut saya no prob kalau tab nya yg tab wifi..dan akhir kata tab ini menemani hari2 ku.. Hohoho

    nah..yg mau ditanyakan itu, kalau kita lg buka web, mis ny berita, ada yg mau kita blok dan copy (select-copy-paste), gimana cara nya y?

    Mohon pencerahan nya..

    • hehehe selamat bersenang-senang dengan Android ya mbak Wulan. Cara untuk copy-paste website gampang banget. Caranya sama ketika melakukannya di aplikasi pemroses data seperti Word-to-Go.

      Caranya, tekan layar dengan satu jari selama 3 detik di awal kalimat yang ingin kita kopi, nanti akan muncul menu “Copy”, “Search”, dan “Share”. Nah, di awal kalimat tersebut juga ada kata yang telah ter-blok beserta kursor. Tinggal arahkan saja kursornya (select) untuk memblok kalimat yang ingin kita kopi. selamat mencoba.

  12. lam kenal mas
    saya baru punya gtab,namun msh byk cara2 utk mengoprasikanya saya blm mengerti,salah satunya cara utk chating di facebook,YM bagaimana caranya,….?tolong bantuanya mas…..

    • Halo mas Nasruddin, thanks udah mampir.

      Wah, banyak sekali aplikasi gratis yang tersedia di Android Market yang bisa di eksplor. Atau, bisa juga ke http://download.pandaapp.com/ kalau memang tidak keberatan menggunakan aplikasi bajakan (saya tidak menyarankan ya).

      Kalau untuk chatting di FB, bisa mengunduh aplikasi resminya : Facebook Messenger atau bisa juga menggunakan Go Chat. Tapi yang paling mudah, saya pake Yahoo! Messenger versi terbaru yang bisa langsung menyingkronkan daftar kontak Facebook kita. Mudah sekali.

      Caranya, buka Android Market, dan ketikkan saja nama-nama aplikasi diatas di menu “Search”. selamat mencoba.

  13. mantab bos,,, salam kenal dari JPa……sesama penggemar memeng saya setuju 1000 % dengan pendapat anda, saya juga menggunakan SGT….luar biasa dibanding Ipad…….

    • Thanks bro Agud,

      Yang saya lakukan adalah mem-back up kontak list saya ke Google Mail (Gmail). Setelah kontak tersimpan, maka ponsel Android akan secara otomatis mengopi daftar kontak yang telah tersimpan di Gmail tadi ke memori di ponsel begitu kita log-in ke Gmail.

      Jadi walaupun saya berganti-ganti ponsel Android, tapi tidak pernah diribetkan dengan backup kontak. Setiap log-in ke Gmail di ponsel baru, kontak saya tiba-tiba sudah ada. Kepraktisan ini yang saya suka dari Android. Kalau misalnya ponsel akan dijual, tinggal di reset ke versi standarnya. semoga membantu, salam.

  14. mantab mas.. makasih atas info ny.. tapi saya bingung mas, saya tertarik beli yg samsung tab 7″ 3g+wifi tapi budget tidak memadai.. (harap maklum krn saya anak kuliahan.. hehe)
    jadi saya beralih ke sgt wifi krn sesuai dgn kantong saya.
    ada perbedaan lain ga mas antara wifi+3g (p1000) dgn sgt wifi (p1010) selain masalah slot kartu yg ga ad d sgt wifi?

    • Sepengetahuan saya tidak. Kalau memang bujet lebih terbatas dan sudah ada ponsel lain untuk berkomunikasi (telpon/sms/data), ya tidak masalah. Tapi, keterbatasannya adalah tidak bisa sewaktu-waktu ingin browsing atau mengakses twitter/facebook, dll.
      kebutuhan setiap orang berbeda-beda, jadi disesuaikan dengan gaya/cara anda menggunakan piranti mobile ini. :)

  15. Selamat pagi Pak..
    Bagus sekali blog & ulasannya, saya baru pakai SGT, bagaimana dapat aplikasi Word-To-Go atau Quickoffice ? Apa di Tab sudah tersedia ? terima kasih atas informasinya.

    • Word-To-Go memang sudah dibenamkan pada saat kita membeli SGT. Tapi biasanya aplikasi ini dalam mode Trial. Setelah satu bulan expired dan kita harus bayar. Kalau bapak tidak keberatan menggunakan aplikasi bajakan, Quickoffice Pro bisa diunduh di http://bit.ly/mYuM10. Banyak aplikasi produktif juga yang bisa digunakan disana. tapi ingat saya tidak menyarankan ya, hanya sekadar berbagai informasi :)

  16. Numpang nanya, download aplikasi apa supaya file exe bisa dibaca di g tab? Sy ada beberapa novel yg pengen dibaca tapi exe file

  17. Pagi pak.. Nanya ya, diatas ditulis bisa baca majalah, koran dll. itu lewat aplikasi market ? Atau hanya browsing di internet? Terima kasih banyak.

    • Pagi mas Akhmad.
      Memang ada beberapa cara untuk membaca majalah, koran, atau buku di internet.

      1. Melalui Readers Hub
      Readers Hub adalah aplikasi built-in di dalam Galaxy Tab yang ditiru Apple di iOS 5 dengan nama Newsstand. Dengan aplikasi ini, kita bisa berlangganan koran dan majalah dari indonesia. Majalahnya dari Mugi Restu Abadi (MRA) media group, yakni Cosmopolitan, Esquire, Autocar, FHM, Trax, dan Harper Bazaar. Kalau koran ada Kompas Epaper, Kontan, Surya, tabloid Otomotif (Gramedia Group). Cara pembeliannya menggunakan sistem Token.

      2. Majalah PDF
      Ini yang biasa saya lakukan. Mengunduh majalah PDF di komputer, lantas memindahkannya ke tablet. Lantas dibuka dengan PDF Reader (drag n drop). Di iOS, memindahkan PDF ini harus lewat wi-fi, ribet.

      3. Melalui Aplikasi
      Memang ada banyak aplikasi e-reading berbayar untuk membaca e-book/e-zine seperti Kobo dan Zinio. Bisa juga membeli di Amazon, nanti buku yang kita beli akan langsung tersimpan di server cloud Amazon. Jika mau membaca tinggal log in.

      4. Lewat internet
      Langsung membaca e-paper dari situsnya. Saya belum pernah mencoba, tapi seharusnya bisa dilakukan.

      kira-kira seperti itu, semoga membantu dan selamat beraktifitas mas Akhmad

  18. saya barusan beloi sgt p1010, mungkin karna salah info , mestinya cari yang p1000, karna terlanjur ya dinikmati aja, masalahnya wifi only, jadi gak bisa mobile kemana-mana , tergantung koneksi wifi, apa ada solusi untuk di sambung modem ya

    • No problem. Sekarang ini sudah ada solusinya. Bro Mendut tinggal beli MOBILE WIFI (Mifi) yang sekarang ukurannya sangat kompak dan bisa dibawa-bawa. Bahkan teman saya bisa menggunakan tablet Wi-Fi-nya untuk berinternet menggunakan Mi-Fi ini di dalam KRL. Segitu mobile dan praktisnya. Cukup tekan, langsung aktif dan konek.

      Untuk tipe-tipenya silahkan cari aja di Kaskus. Ini salah satu contoh penjualnya :
      http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10272717

      Selamat berburu!

  19. halo mas salam kenal :)
    postingannya bagus banget bikin makin kepingin beli nh hehe..
    saya sdh lama tertarik ingin beli SGT tapi masi bingung model mana yang paling pas. saya masih kuliah dan saya orangnya praktis. sgt 7 mantap tapi 10.1 sudah jauh lebih maju ketimbang 7.saya mau tunggu sgt 7.7 tapi masi ga yakin bakal keluar dekat2 ini.
    mohon bantuannya mas trimakasi :D

  20. Halo Amel, ada solusi tepat untuk kamu Yaitu Samsung Galaxy Tab Plus. Mulai diloncing di Indonesia weekend ini. Antara 5-6 November 2011. Galaxy Tab Plus punya ukuran yang jauh lebih tipis, tapi sudah dibenamkan Android Honeycomb. Jadi pas banget buat kamu. Memang nggak semua suka dengan tablet 10.1 inci, terlalu besar dan kurang fungsional!

    Makanya itu, tablet 7 inci Galaxy Tab adalah tablet Samsung yang paling laris di Indonesia. kabarnya penjualannya lebih dari 10 ribu unit. wow. Karena itu Indonesia juga jadi negara PERTAMA di dunia tempat diluncurkannya Galaxy Tab Plus.

  21. mas, saya mau minta pendapat mas yang ahli dalam samsung tab :D
    tadi saya telah melihat lapak di kaskus mengenai harga modem mifi, dan harganya, wahh lumayan cukup di atas rata2. apa mending langsung beli tab yg wifi+3G sehingga ga perlu lagi nyari2 modem mifi nya ya?
    btw, apakah mas sudah mendapatkan harga pasti mengenai samsung galaxy tab 7 plus?
    kalo sudah tau, tolong di share dong mas, makasih :D

  22. Wah, saya bukan ahli, banyak yang jauh lebih expert dari saya. :)
    Untuk pilihan MiFi atau tablet 3G sekali lagi disesuaikan dengan kebutuhan Sinta. Kalau memang bujetnya ada, beli yang 3G sekalian jelas lebih ringkas kan.

    Untuk harga resmi Galaxy Tab 7 Plus adalah Rp5.499.000. Sepertinya harga pasaran sudah dibawah itu. semoga membantu :)

  23. Mas bisa ga sih kita DL aplikasi untuk galaxy tab dari android market dari lappy, trus baru kita pindahin k tab kita??
    terima kasih :)

  24. Kalau langsung dari Android market di laptop sayangnya ngga bisa. Kita bisa buka android market di browser komputer, log in pake akun gmail, pilih aplikasi yang ingin didonlot, tapi proses donlotnya tetep lewat Gtab-nya.

    Solusinya ya donlot pake Wi-Fi yang kecepatannya stabil. Atau, download aplikasi mentah (bajakan) di situs kayak pandaapp.com, pindahin (drag n drop) ke galaxy tab, trus di galaxy tabnya di-instal pake file explorer. :)

  25. File explorer nya harus kita DL lgi d andorid market nya mas?
    oh iya saya mau nanya dong mas, kalo mau buka file2 office pake apps ap di G Tab?

    • Iya, aplikasi file explorer ada cukup banyak. misalnya ES File Explorer, ASTRO File Manager, dll. coba-coba aja mana yang paling pas dihati.

      Apakah Gtab ngaruh pake aplikasi bajakan? wah saya ngga bisa ngejawab ini karena bukan bidangnya. Tapi, kalau menurut pengalaman saya sendiri game/app bajakan kadang ada juga yang ngga bisa jalan, atau mendadak error/forced closed. ya namanya juga gratisan dan ilegal. :p harusnya ya memang beli yang asli.

    • bro mau tanya.. Samsung Galaxy Tab 7.0 inch (Wi-Fi Only) bisa pakai modem tdk yah?? apa arus beli modem wifi?? soalny duit tdk banyak nih bro.. klo huawei s7 105 bgmn bro? thx ya

  26. mau tanya dong
    kan sempet ngehang juga ya SGT-nya

    gimana cara benerin SGT yang ngehang??
    kebetulan punya ane ngehang

  27. wahhh infonya keren…jd ga nyesel udah bli Sgt…saya br aja bli om..dan jujur agak kesulitan d awal penggunaan…saya cm mau nanya gmn crnya copas dr word ke blog qta d sgt..copynya mudah giliran mw d paste ke blog kq susah bgt…hehehheh…mksh…:-)

  28. Oº°˚˚°ºKKέεёё mas, ulasan x sangat membntu saya,,
    Saya sbgai orang awam tntu tdak mengrti tntng spesifikasi antara SGT dan iPad,, tlong pencerahan x tentang plus minus x SGT dan iPad

    Dan untuk iPad, apakah bisa mengolah data dari microsoft office?

    Tlong penjelasan x mas, trimakasih

    • Hampir semua keunggulan dari SGT dan Android sudah saya sebutkan diatas. Sedangkan iPad jelas punya dukungan aplikasi dan game yang tidak mungkin dikalahkan oleh Android :) Dan ya, tentu saja iPad bisa mengolah data dari Microsoft Office.

      Intinya sekali lagi adalah soal selera dan kebutuhan. Jika Anda suka kepraktisan dan tidak terlalu mementingkan soal Apps, pilih Galaxy Tab. Tapi, jika Anda adalah pengguna lama Apple dan tau bagaimana “aturan” di Apple serta ingin mendapatkan “gengsi” Apple silahkan pilih iPad.

      Tidak ada yang paling baik. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, tinggal mana yang paling cocok untuk kita. :)

  29. ass, bang …aku mau tanya, kebetulan di pikiran sudah pilih SGT tinggal mau beli aja,tapi msh ada pertanyaan ini… berapa lama sih batterynya?

  30. hello, mao minta info sebentar.
    rencana nya saya mau beli galaxy tab 2 7.0
    apakah bisa di gunakan utk mengetik/mengedit ms office?
    saya jarang sekali memakai ms office, tapi takutnya suatu hari ad keperluan mendadak jd bisa pakai dan di bawa kemana-mana…kalau utk mengerjakan ms office di rumah bisa mnggunakan pc. kalau beli laptop rasanya syang, karena jrg sekali di pakai. terima kasih

  31. Android adalah sistem operasi terpopuler dunia dengan ratusan aplikasi yang tersedia (meski tidak sebanyak iOS). Tentu saja untuk sekadar membuka dan mengedit aplikasi office saja lebih dari bisa. Bahkan banyak sekali aplikasi yang bisa mbak Mey pilih dan gunakan. Mulai dari Quick Office, Polaris, dan lainnya. Coba saja search di Google Play dengan keyword “Office” atau “Word”. semoga membantu

  32. ijin bang, mau tanya..
    kenapa SGT saya kalo di konek ke keyboard external tiba tiba muncul kursor mouse kaya di komputer ya?
    bagaimana cara menghilangkan kursor itu?
    ditunggu ya bang..
    tks

  33. ijin bang, mau tanya.
    SGT saya ini habis di koneksi kan ke keyboard external kok tiba-tiba muncul kursor mouse kaya di PC ya?
    bagaimana cara menghilangkan kursor tersebut?
    TKS…

  34. Halo Indra, maaf saya ngga bisa bantu karena belum pernah mencoba mengoneksikan SGT ke kibor eksternal. Tapi problem kayak gini memang wajar terjadi mengingat kibor tersebut dibuat oleh third party yang mungkin kurang cocok dalam proses konektifitasnya.

  35. Amazing bin keren ulasannya mas,

    izin tanya boleh ya..

    Kebetulan saya pake SGT juga dan MBP sama seperti mas… pertanyaan saya adalah bagaimana caranya memindahkan file dari SGT ke MBP dan sebaliknya?

    jika dicolok dengan kabel data tak ada respon, dan tidak terdeteksi device SGT nya di MBP saya. Lalu kawan saya mengatakan tuk mendonlot KIES apps, namun saya tetap belum bisa mengkoneksikan antara SGT dan MBP saya.

    Mohon arahannya mas…

    oiya tambahan tuk beberapa pertanyaan di atas, saya kebetulan juga menggunakan keyboard external merk CAPDASE seharga 400 ribuan di Mal Ambasador Jakarta, keyboard ini universal, bisa dipake di ipad juga, koneksi via bluetooth. so far so good pakenya, enak… :)

    Terima Kasih atas jawaban Amazingnya mas..

  36. Salam kenal mas, saya Umar di Sby

    Mas, numpang nanya…. saya baru beli SGT 2 10.1, ketika saya ingin memindah data dari Laptop dengan Windows XP Pro 2002, mengapa terdetect P5100 sebagai kamera ya.. Sehingga ketika akan ditransfer data, tidak terdeteksi apa-apa..

    Mohon advise ya…

    Matur Nuwun

  37. Dear Mas Danang,

    Mhn bantuannya saya punya samsung galaxy tab 2.10 P7500 yg tdk bisa pake telp tp saya lihat diinternet hrs download aplikasi viber br bisa pake tlp tp sdh saya coba tdk mau, menurut mas apa ada aplikasi lainnya cocok sgt diatas yg bisa pake tlp, trims.

  38. gimana cara mencopy paste data excel yg satu ke data excel yg lainnya beda file? apakah ada panduan mengedit excel,word dan ppt dlm polaris office? trims.

  39. setuju banget. SGT full fungsional sekali.
    file file pekerjaan saya yg mencapai 12 giga tertata rapi dan selanjutnya bisa diedit kapan dan dimana saja (saya pakai aplikasi OfficeSuite dan SmartOffice). trus bisa presentasi dengan proyektor, atau sekedar iseng nonton video keluarga terhubung dgn kabel TV Out, rame rame dehhhh di rumah.
    NB : setiap gagdet / smartphone yg telah saya miliki, salah satu syarat utamanya adalah bisa edit file dan bisa langsung terhubung ke TV atau Proyektor

    • Wow, mas Zascov ini adalah contoh seorang tech-savvy, orang yang bisa memanfaatkan secara maksimal perangkat bergerak yang dimiliki sehingga bisa sangat membantu aktifitas sehari-hari. hebat!

  40. nanya gan, tablet PC yang kuat untuk baca majalah PDF yang ukurannya 200mb lebih apa yah? karena ane punya banyak bgt majalah2 guide game gitu, tapi pernah beli tabletnya smart yang harga 1jutaan, kecewa berat gan, ngelag bgt untuk baca PDF, ngerendernya lama bgt, akirna saya jual lagi, mgkn agan ada pilihan dengan budget max 2jutaan gan. thx

  41. Di harga Rp2 jutaan cukup banyak tablet lokal, dari Tabulet sampe SpeedUp. Solusi lain: majalah PDFnya di-resize jadi 100an atau 50an MB biar ngga terlalu berat. hehehe.

    • lah gampang sob mau ngecilin, pake Photoshop aja. Trus di Re-size. peace a cake. Tabulet dan Speed Up udah pernah megang, tapi ngga ngetes secara intens. Intinya kalau nurut gue what you pay is what you get. Mau lebih nikmat, ya beli yang merek global. walau sedikit mahal tapi kualitas terjamin. mau murah, ya siap-siap pake fitur yang “sukur ada”, “sukur jalan”.

  42. Permisi.. mau numpang tanya donk,, tau gak caranya kirim file dari tab 7+ ke macbook lwt Bluetooth? Saya selalu gagal kirim.
    Ditambah kalo colok ke macbook, tab gak kedetect.
    Makasih ya :)Per

  43. om danang mau tanya donk…kalo casing I Pad 3 bisa nga dipakai sama samsung galaxy 10.1
    terimakasih banyak ya om danang jawabnya………

    • New iPad punya ukuran 9,7 inci, sedangkan Galaxy Tab 10.1 ukurannya 10.1 inci. Dari bentuknya pun juga berbeda. jadi 100 persen ngga support bro. Mending beli casing yang khusus Galaxy 10.1 aja. Di Kaskus banyak banget kok pilihannya. Slamat mencari.

  44. Mas danang mw tanya ne..
    Apa gtab bs mengolah sms yg masuk dan di edit sesuai abjab dan numbers nya…
    Tolong ajari ya mas…
    Smoga sukses slalu….

  45. Gimana yach cara main game2 facebook di gtab, apa mesti instal flash player, nyoba main game pool live tour kok gak bisa yah ?????

  46. Salam kenal mas…
    Mau tnya ni… GTab saya tipe P5100 yg 10″ itu sbnernya kamera tersebut bisa di zoom apa tidak ya mas atau memerlukaan aplikasi supaya bisa di zoom in… Aplikasinya apa kalo ada..? Makasih…

  47. salam kenal mas. critanya menarik tuh hehe. saya mau tanya klo samsung galaxy tab 2 7.0 yg wifi apa bisa dicolokin modem USB? lewat Usb connector gitu bs gk ya mas? mohon pencerahan

  48. Mas,sy ingin beli tablet krn ringan n mudh dibw kemn2,sy mw pki buat browsing n download film,nntn film,skligus bs buat dokumen office,xl,n power point, tp membaca review ini mgkn sy sbaik.nya membli laptop.Mhon saran.nya mas laptop yang cck,ukuran 10 atw 11″ kisaran hrg 3,5jt-an. Trm ksh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s